Jumat, 25 Desember 2009

Airbus A350 XWB, Long-Range Jetliner



DESCRIPTION:

A350 pertama kali diumumkan pada tahun 2004 untuk menyaingi Boeing 787. Airbus awalnya merespon efisiensi yang dicanangkan Boeing dengan menawarkan sebuah upgrade A330 dengan mesin baru dan perbaikan aerodynamis untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Maskapai penerbangan umumnya mengabaikan konsep dari Airbus yang memaksa Airbus untuk mengembangkan turunan A330 yang lebih rumit dengan bodi pesaway yang sama tetapi memakai komposit sayap dan ekor baru ditambah dengan mesin yang lebih efisien bahan bakar. Hasil pertama A350 tampak hampir sama dengan A330 secara eksternal tetapi pada dasarnya pesawat ini adalah sebuah desain baru dan hanya memiliki 10% commonality (kesamaan suku cadang) dengan Airbus sebelumnya.

Walaupun konsep A350 memenangkan beberapa pesanan, kebanyakan pelanggan mengkritik karena sangat inferior dari pada Boeing 787 yang telah membuat rekor dalam hal kecepatan pesanan. Pesanan yang sedikit ini memaksa Airbus untuk meninggalkan desain lama A350 dan merespon dengan pesawat yang lebih besar untuk bersaing dengan 777 dan 787. Desain baru ini disebut sebagai A350 XWB, untuk "Extra Wide Body," karena badan pesawatnya menjadi lebih lebar dari A330 dan 787 yang memungkinkan tempat duduk per penumpang yang sedikit lebih lebar.

Perubahan utama lainnya dari desain A350 sebelumnya adalah XWB menggunakan material komposit yang jauh lebih banyak sekitar lebih dari setengah dari keseluruhan struktural pesawat. Kedua sayap dan badan pesawat terdiri darikomposit ringan atau alloy aluminium lithium, yang dipasangkan dengan mesin canggih dan perbaikan aerodinamis yang canggih, menjanjikan perbaikan yang signifikan dalam hal efisiensi bahan bakar jika dibandingkan dengan pesawat komersial yang sudah ada. Airbus berharap untuk menyelesaikan rancangan pesawat ini pada akhir tahun 2008 dalam persiapan untuk pembuatan model pesawat uji-terbang pertama.

Desain baru A350 XWB telah terbukti jauh lebih populer dari A350 awal dengan maskapai penerbangan dan telah didapatkan lebih dari 450 pesanan pada Oktober 2008. Sebagian besar pesanan tersebut adalah untuk A350-900, sedangkan A350-800 sedikit berada di bawahnya. Model A350-1000 yang lebih besar juga telah diluncurkan, serta model kargo jarak jauh masih di bawah pertimbangan. Meskipun rencana awal untuk A350 terbang pertama kali pada 2008 dan mulai beroperasi pada tahun 2010, tetapi dengan adanya desain ulang XWB, program ini tertunda sekitar tiga tahun.



HISTORY:

First Flight:
(A350-800) ?
(A350-900) planned for 2011
(A350-1000) ?

Service Entry:
(A350-800) planned for 2014
(A350-900) planned for 2013
(A350-1000) planned for 2015


CREW: two flight crew: pilot, co-pilot

PASSENGERS:
(A350-800) 270 in three classes, 312 in two classes
(A350-900) 314 in three classes, 366 in two classes
(A350-1000) 350 in three classes, 412 in two classes

COST:
(A350-800) $206 to $212 million [2008$]
(A350-900) $238 to $243 million [2008$]
(A350-1000) $267 to $272 million [2008$]


DIMENSIONS:

Length:
(A350-800) 198.82 ft (60.60 m)
(A350-900) 219.49 ft (66.90 m)
(A350-1000) 242.45 ft (73.9 m)

Wingspan: 209.97 ft (64.00 m)
Height: 55.45 ft (16.90 m)
Fuselage Diameter: 19.55 ft (5.96 m)


CABIN:

Length:
(A350-800) 149.51 ft (45.57 m)
(A350-900) 170.41 ft (51.94 m)

Width: 18.40 ft (5.61 m)
Height: unknown
Main Passenger Door: unknown


CARGO CAPACITY:

Baggage Volume:
(A350-800) 695.0 ft³ (19.68 m³)
(A350-900) 695.0 ft³ (19.68 m³)

Cargo Volume:
(A350-800) 3,355.0 ft³ (95.00 m³)
(A350-900) 4,505.0 ft³ (127.57 m³)

Container Capacity:
(A350-800) 26 LD3 or 8 standard pallets
(A350-900) 36 LD3 or 11 standard pallets
(A350-1000) 44 LD3

Freight Doors: unknown


WING:

Root Airfoil Section: unknown
Tip Airfoil Section: unknown
Area: 4,768 ft² (443.0 m²)
Aspect Ratio: 9.25
Sweepback Angle: 35° at quarter chord


UNDERCARRIAGE:

Type: Retractable tricycle with two main gear and single steerable nose gear

Main Gear:
(A350-800) Four wheels per unit, tire size unknown
(A350-900) Four wheels per unit, tire size unknown
(A350-1000) Six wheels per unit, tire size unknown

Nose Gear: Twin wheels per unit, tire size unknown
Wheel Track: unknown
Wheel Base: unknown


WEIGHTS & LOADINGS:

Empty: unknown
Normal Takeoff: unknown

Maximum Takeoff:
(A350-800) 540,130 lb (245,000 kg)
(A350-900) 584,225 lb (265,000 kg)
(A350-1000) 650,360 lb (295,000 kg)

Maximum Landing:
(A350-800) 402,345 lb (182,500 kg)
(A350-900) 446,435 lb (202,500 kg)
(A350-1000) 497,140 lb (225,500 kg)

Fuel Capacity: 271,035 lb (122,940 kg) in 39,625 gal (150,000 L) wing tanks

Maximum Payload:
(A350-800) 78,705 lb (35,700 kg)
(A350-900) 98,990 lb (44,900 kg)

Wing Loading:
(A350-800) 138.6 lb/ft² (676.8 kg/m²)
(A350-900) 149.9 lb/ft² (732.0 kg/m²)
(A350-1000) 164.1 lb/ft² (801.1 kg/m²)

Thrust/Weight Ratio: unknown


PROPULSION:

Powerplant: two Rolls-Royce Trent XWB turbofans

Engine Rating:
(A350-800) 2 x 74,860 lb (333 kN)
(A350-900) 2 x 87,000 lb (387 kN)
(A350-1000) 2 x 94,870 lb (422 kN)

Engine Intakes: Two nacelles on wing pylons
Fuel Type: Jet-A


PERFORMANCE:

Max Level Speed: (at altitude) 585 mph (945 km/h) at 40,000 ft (12,190 m), Mach 0.89
Max Level Speed: (at sea level): unknown
Cruise Speed: 560 mph (900 km/h) at 40,000 ft (12,190 m), Mach 0.85
Takeoff Speed: unknown
Landing Speed: unknown
Takeoff Distance: unknown
Landing Distance: unknown
Maximum Climb Rate: unknown
Service Ceiling: 43,000 ft (13,105 m)

Range:
(A350-800) 8,315 nmi (15,400 km)
(A350-900) 8,100 nmi (15,000 km)
(A350-1000) 7,990 nmi (14,800 km)

g-Limits: unknown


SYSTEMS:

Radar: Honeywell RDR-4000 weather radar
Avionics: Dual integrated standby instrument system, airport navigation system and "brake to vacate" airport guidance system, head up display
Flight Controls: Digital fly-by-wire
Electrical: 400 Hz AC supplied by generators attached to each engine and an APU
Hydraulics: 3,000 psi (20,685 kPa)


COMPOSITION:

• Composites: 52% of primary structural weight including fuselage skin panels, doublers, joints, and stringers, tail unit, and wing
• Aluminum: 20% of structure consists of lightweight aluminum and aluminum-lithium alloys including the fuselage frames, ribs, floor beams, and landing gear bays
• Titanium: 14% of structural weight including engine components
• Steel: 7% of structural weight including landing gear
• Other: 7% of structural weight


VARIANTS:

A350-800: Shortened model for 270 passengers designed as a direct replacement for the A330-200 and a competitor to the Boeing 787-9; 182 ordered by 2008
A350-900: Base model for 314 passengers; 226 ordered by 2008
A350-900F: Proposed cargo freighter model based on the A350-900 but equipped with the engines, landing gear, and strengthened structure of the A350-1000
A350-900R: Proposed long-range model based on the A350-900 but equipped with the engines, landing gear, and strengthened structure of the A350-1000
A350-1000: Stretched model for 350 passengers; 50 ordered by 2008
A350 VIP: Luxury model of the A350


OPERATORS:

Aer Lingus
Aeroflot
Afriqiyah Airways
Air Caraïbes
Air One
Aviation Lease and Finance Company (ALAFCO)
Asiana Airlines
BAA Jet Management (VIP)
Bangkok Airways
C Jet (VIP)
China Aviation Supplies Import and Export Group Corporation (CASGC)
China Airlines
CIT Aerospace Group
DAE Capital
Emirates Airline
Etihad Airways
Finnair
Grupo Marsans
Hawaiian Airlines
International Lease Finance Corporation (ILFC)
Kingfisher Airlines
Libyan Airlines
MAZ Aviation (VIP)
Pegasus Aviation
Qatar Airways
Singapore Airlines
Synergy Group
TAM Airlines
TAP Portugal
Tunisair
US Airways
Vietnam Airlines
Yemenia



Diterjemahkan secara bebas dari: www.fas.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar