Deskripsi:
Perang Vietnam, membuat AU US sadar bahwa pesawat angkutnya saat itu mempunyai banyak kekurangan, sehingga memutuskan dibutuhkannya desain pesawat angkut baru. C-17 Globemaster III ini dirancang untuk mendampingi dan menggantikan peran C-141 StarLifter, dengan mengkombinaskan kemampuan C-5 Galaxy dan C-130 Hercules sehingga dapat mendarat tepat di belakang "garis depan" pada tanah yang buruk dan tidak dipersiapkan.
Desain McDonnell Douglas memenuhi kebutuhan ini dan diterima pada Oktober 1980, tetapi akhirnya dibatalkan pada januari 1982 ketika AU US lebih memilih untuk meningkatkan kemampuan C-5B Galaxy dan KC-10 Extender. Setelah tahun itu, pengembangan C-17 kembali dilakukan dan berhasil membuat 210 contoh pesawat dengan bodi pesawat sirkular, sayap yang besar dan lereng kargo di bagian belakang. Purwarupa pesawat ini mulai terbang pada awal 1990an, tetapi harga produksi mulai meningkat tajam.
Walaupun produksi terlambat, harga produksi tinggi dan mismanagemen program, C-17 merupakan desain yang mengaplikasikan beberapa fitur canggih sehingga dianggap sangat mampu memenuhi keinginan AU. Dengan sebuah kargo berukuran 26,82m x 5,48m x 3,76m, pesawat mampu membawa sampai 18 "cargo pallets", 144 prajurit, 102 prajurit parasut, atau 48 "litters". Dengan kapasitas ini, C-17 mampu mengangkut hamper semua peralatan "mobile" tentara US termasuk tank perang utama M1 Abrams, M2/M3 Bradley, sampai 4 helikopter transport UH-60 Blackhawk atau sampai 2 helikopter serang AH-64 Apache. Sebagai tambahan, C-17 menggunakan "blown flaps", generator vortex dan "thrust reversers" (tenaga dorong kebalikan) untuk pendaratan jarak pendek. C-17 dapat beroperasi pada landasan sepanjang 915 m dengan lebar 27,5 m dan dapat bermanuver untuk membelok menggunakan "a three-point turn".
Walaupun sebenarnya AU AS mengharapkan untuk memperoleh 210 pesawat C-17, tetapi karena pengembangan yang terlambat dan tingginya biaya produksi, mereka memotong pesanan menjadi 120 saja. Namun demikian, pesawat ini sudah menunjukkan kegunaan dan fungsi pentingnya pada konflik Balkans, Afghanistan, dan Iraq, sehingga kongres AS menyetujui untuk menambah pesawat C-17 menjadi 190 pesawat. Walaupun Boeing sudah memperingatkan prnutupan produksi "multiple line", AU AS tetap menambah pesanan tiap tahun agar produksi tetap berjalan. C-17 juga membuat beberapa negara lain tertarik.
HISTORY:
First Flight: 15 September 1991
Service Entry: 14 June 1993
CREW:: three: pilot, co-pilot, loadmaster
PASSENGERS: 144 troops, 102 paratroops, or 48 stretchers
ESTIMATED COST: $205 million [1998$]
DIMENSIONS:
Length: 174.00 ft (53.04 m)
Wingspan: 169.83 ft (51.76 m)
Height: 55.08 ft (16.79 m)
Wing Area: 3,800 ft2 (353.02 m2)
WEIGHTS:
Empty: 277,000 lb (125,645 kg)
Normal Takeoff: unknown
Max Takeoff: 585,000 lb (265,350 kg)
Fuel Capacity: 181,055 lb (82,125 kg)
Max Payload: 169,000 lb (76,660 kg)
PROPULSION:
Powerplant: four Pratt & Whitney PW2040 (military designation F117-100) turbofans
Thrust: 161,760 lb (719.6 kN)
PERFORMANCE:
Max Level Speed: cruise speed: 515 mph (830 km/h) at 28,000 ft (8,540 m), Mach 0.74; airdrop speed: 130 to 290 mph (215 to 465 km/h) at sea level
Initial Climb Rate: unknown
Service Ceiling: 45,000 ft (13,715 m)
Range: typical: 2,400 nm (4,450 km) with 160,000 lb (72,575 kg) payload; typical: 4,400 nm (8,155 km) with 40,000 lb (18,145 kg) payload; ferry: 4,700 nm (8,710 km)
g-Limits: unknown
ARMAMENT: none
KNOWN VARIANTS:
C-17A: Production transport for the US Air Force able to airlift equipment, troops, paratroops, or casualties over global ranges while operating from rough strips; at least 180 to be built
CC-177 Globemaster: Designation for the C-17 in Canada
KC-17: Proposal for a tanker model using the center wing tank plus a modular tank pallet carried in the fuselage, fuel would be dispensed through a boom on the rear cargo door and/or underwing pods
MD-17: Proposal for a commercial heavylift model with roll-on/roll-off capability and able to carry 170,000 lb (77,110 kg) payloads over ranges of 5,000 nm (9,260 km) or more
BC-17: New designation for the MD-17 concept after McDonnell Douglas merged with Boeing
KNOWN COMBAT RECORD:
Bosnia - Operation Deliberate Force (USAF, 1995)
Kosovo - Operation Allied Force (USAF, 1999)
Afghanistan - Operation Enduring Freedom (USAF, 2001-present)
Iraq - Operation Iraqi Freedom (USAF, 2003-present)
KNOWN OPERATORS:
Australia (Royal Australian Air Force)
Canada (Canadian Armed Forces, Air Command)
United Kingdom (Royal Air Force)
United States (US Air Force)
Empty: 277,000 lb (125,645 kg)
Normal Takeoff: unknown
Max Takeoff: 585,000 lb (265,350 kg)
Fuel Capacity: 181,055 lb (82,125 kg)
Max Payload: 169,000 lb (76,660 kg)
PROPULSION:
Powerplant: four Pratt & Whitney PW2040 (military designation F117-100) turbofans
Thrust: 161,760 lb (719.6 kN)
PERFORMANCE:
Max Level Speed: cruise speed: 515 mph (830 km/h) at 28,000 ft (8,540 m), Mach 0.74; airdrop speed: 130 to 290 mph (215 to 465 km/h) at sea level
Initial Climb Rate: unknown
Service Ceiling: 45,000 ft (13,715 m)
Range: typical: 2,400 nm (4,450 km) with 160,000 lb (72,575 kg) payload; typical: 4,400 nm (8,155 km) with 40,000 lb (18,145 kg) payload; ferry: 4,700 nm (8,710 km)
g-Limits: unknown
ARMAMENT: none
KNOWN VARIANTS:
C-17A: Production transport for the US Air Force able to airlift equipment, troops, paratroops, or casualties over global ranges while operating from rough strips; at least 180 to be built
CC-177 Globemaster: Designation for the C-17 in Canada
KC-17: Proposal for a tanker model using the center wing tank plus a modular tank pallet carried in the fuselage, fuel would be dispensed through a boom on the rear cargo door and/or underwing pods
MD-17: Proposal for a commercial heavylift model with roll-on/roll-off capability and able to carry 170,000 lb (77,110 kg) payloads over ranges of 5,000 nm (9,260 km) or more
BC-17: New designation for the MD-17 concept after McDonnell Douglas merged with Boeing
KNOWN COMBAT RECORD:
Bosnia - Operation Deliberate Force (USAF, 1995)
Kosovo - Operation Allied Force (USAF, 1999)
Afghanistan - Operation Enduring Freedom (USAF, 2001-present)
Iraq - Operation Iraqi Freedom (USAF, 2003-present)
KNOWN OPERATORS:
Australia (Royal Australian Air Force)
Canada (Canadian Armed Forces, Air Command)
United Kingdom (Royal Air Force)
United States (US Air Force)
Sebelumnya diposting pada 9 Juni 2008 di www.bluefame.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar